Home » Kemahasiswaan

Flag Counter

Kemahasiswaan

LAYANAN AKADEMIK BIMBINGAN KONSELING DAN LAINNYA

  1. Pembimbingan akademik

Setiap mahasiswa dari semester 1 sampai mahasiswa selesai wajib dibimbing oleh satu dosen pembimbing akademik (PA). Dosen PA dipilih, ditentukan dan ditetapkan oleh Pimpinan Jurusan/Prodi yang disahkan oleh Dekan. Tugas dosen PA membantu mahasiswa menjalankan perkuliahannya sampai pada penyusunan proposal skripsi sampai skripsi disususn dan diujikan. Khusus program diploma dosen PA membantu mahasiswa membimbing di kegiatan magangnya dan tugas akhirnya.

  1. Pembimbingan Tugas akhir untuk program diploma dan skripsi program S1.

Mahasiswa yang sudah menyelesaikan proposal skripsinya akan diberikan dosen dua dosen pembimbing, dimana salah satu dosennya adalah dosen PA-nya dan dosen lainnya sebagai dosen yang kompeten dengan bidang skripsi yang mahasiswa geluti. Khusus program diploma dosen PA akan bertransformasi menjadi dosen pembimbing tugas akhir saat mahasiswa sudah menyelesaikan program magangnya.

  1. Bimbingan Kewirausahaan

Ditingkat Universitas tersedia fasilitas pendidikan dan pelatihan kewirausahaan UHEC (Unima and HumberCollege Entrepreneurship Center). Di tingkat prodi D3 dan S1 ada Management Entrepreneurship Centre (MEC). Untuk Program diploma ada fasilitas Workshop Center yang diberi nama Market Driven Gallery tempat mahasiswa ditempa jiwa kewirausahaan, tanggung jawab pembimbingan ditangani oleh Kepala Lab prodi d3.

  1. Bimbingan Karir

Untuk mahasiswa semester akhir pimpina prodi akan memberikan informasi mengenai kesempatan kerja. Melalui peran alumni yang sudah bekerja mahasiswa bisa memperoleh informasi kesempatan kerja.

Layanan Akademik Lainnya

  1. Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Program Kuliah Kerja Nyata dilakukan oleh mahasiswa pada semester 6 untuk program S1. KKN bentuk pengintegrasian kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. KKN dilaksanakan oleh mahasiswa dengan bimbingan para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan dilaksanakan secara interdisipliner dan intrakurikuler. Pelaksanaan KKN dikoordinasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMA. Waktu pelaksanaan KKN sekitar 2 bulan, pada jeda antar semester. Mahasiswa wajib menuliskan semua kegiatan harian yang telah dilaksanakan dalam format yang tersedia, selanjutnya untuk dasar pembuatan laporan akhir pelaksanaan program KKN. Laporan Pelaksanaan Kegiatan (LPK) dimaksudkan sebagai sarana penyampaian informasi tentang kegiatan KKN dan pertanggung jawaban program kegiatan yang dilakukan. Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus program KKN akan diberikan sertifikat.

  1. Program Magang

Magang merupakan salah satu mata kuliah dengan 4 SKS yang ditujukan bagi mahasiswa program D3 dan S1. Magang akan dilaksanakan dibawah pengawasan DPL dan untuk lokasi magang didiskusikan dengan pimpinan prodi. Bagi prodi D3 lokasi magang didusikan dengan dosen PA yang juga adalah DPLnya dengan disahkan oleh pimpinan prodi. Untuk waktu magang program S1 adalah 2 bulan, untuk program D3 adalah 4 bulan, 2 bulan laporan dan ujian komprehensif.

  1. Program Pendidikan Lapangan (PPL)

Program PPL dilakukan oleh mahasiswa pada semester 5 untuk program S1 prodi pendidikan. PPL bentuk pengintegrasian kegiatan praktik pendidikan kepada mahasiswa di sekolah SMP atau SMA sederajat. PPL dilaksanakan oleh mahasiswa dengan bimbingan para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pelaksanaan PPL dikoordinasi oleh Unit kerja PPL UNIMA. Waktu pelaksanaan PPL sekitar 2 bulan, pada jeda antar semester.

  1. Praktik Kerja Lapangan (PKL) / Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

PKL penyebutan untuk program S1 non pendidikan (S1 Manajemen, S1 Akuntansi dan Ilmu ekonomi). KKL untuk mahasiswa program diploma (D3). PKL/KKL bertujuan agar mahasiswa memperoleh gambaran yang lebih komprehensif mengenai dunia kerja, mahasiswa mampu mengaplikasikan teori dan praktik di dunia kerja, mahasiswa mampu mengenal, mengetahui, dan menganalisis kondisi lingkungan dunia kerja. PKL dilakukan selama 5 hari di tempat lokasi PKL dunia industry sesuai dengan bidang keilmuan. KKL dilakukan selama 10 hari kerja di dunia industry khusus bidang pemasaran/penjualan. Panduan PKL/KKL merupakan bagian tidak terpisahkan dalam buku ini.

LAYANAN AKADEMIK SARANA DAN FASILITAS BELAJAR

Layanan akademik bagi mahasiswa di Fakultas Ekonomi adalah tanggungjawab pemberian Fasilitas belajar bagi mahasiswa yang meliputi beberapa hal yaitu :

  1. Perpusatakaan

Ditingkat Universitas tersedia pustaka yang lengkap dari berbagai literature yang relevan dengan Fakultas Ekonomi. Mahasiswa dengan gratis bisa menjadi anggota, dan memiliki hak untuk meminjam buku.

  1. Perpustakaan Berbasis Online

Mahasiswa bisa mengakses perpustakaan nasional Republik Indonesia. Dengan satu akun untuk bisa diakses seluruh mahasiswa.

  1. Ruang Baca Fakultas

Selain unit perpusatkaan Unima, di Fakultas Mahasiswa disediakan ruang baca untuk bisa membaca beberapa koleksi buku dan fasilitas internet. Selain berfungsi menjadi ruang baca, ruang ini juga berfungsi sebagai sarana diskusi mahasiswa dengan dosen, sekaligus tempat bimbingan mahasiswa.

  1. Fasilitas Internet (Wifi)

Mahasiswa diberikan akses internet terbatas hanya diruang baca. Selain itu mahasiswa bisa memperoleh internet gratis di Pusat Komputer Unima. Untuk prodi D3 satu kelas telah tersedia fasilitas Wifi gratis dan computer untuk proses belajar dan mengajar.

  1. Repository Fakultas

Mahasiswa diberikan fasilitas penyimpanan dokumen online di repository fakultas. Fasilitas ini bisa diakses oleh mahasiswa dan dosen. Aplikasi repository bisa dibuka melalui website FE-Unima di www.fekon-unima.ac.id

  1. Laboratorium Komputer Fakultas dan Micro teaching.

Ada 40 unit computer untuk kepentingan praktik computer untuk prodi S1 Manajemen, Akuntansi, Ilmu ekonomi dan program diploma dan satu set alat micro teaching untuk prodi pendidikan ekonomi.

  1. Fasilitas belajar Workshop ‘Market Driven Gallery’

Fasilitas belajar bisnis bagi program diploma, sekaligus lokasi bagi prodi Manajemen Pemasaran menjual produk-produk yang dikelola oleh prodi.

MINAT DAN BAKAT MAHASISWA

Layanan bagi mahasiswa di Fakultas Ekonomi adalah tanggungjawab pemberian Fasilitas menyalurkan kegiatan organisasi dan bakat dan minat bagi mahasiswa yang meliputi beberapa hal yaitu :

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

BEM bertanggung jawab bersama dengan bidang kemahasiswaan untuk memastikan UKM berjalan dengan baik dan menyalurkan ide, masukan dan tanggapan ataupun kritik mahasiswa di Fakultas.

  1. Himpunan Mahasiswa Jurusan/prodi (HIMAPRO)

Himapro dibentuk sebagai bentuk kegiatan berorganisasi bagi mahasiswa selain BEM Fakultas.

  1. Unit Kegiatan Mahasiswa bidang kerohanian Islam dan Kristen. UKM islam diberi nama BTM (Badan Tazkir Mahasiswa) dan untuk UKM Kristen UPK Kristen. Mahasiswa bisa sekaligus belajar dan beribadah.
  2. UKM bidang seni dan Budaya. UKM Unima Choir tingkat Fakultas dan Universitas untuk menyalurkan bakat menyanyi dan bermain music. UKM Cakalele untuk menyalurkan kecintaaan mahasiswa akan budaya tari local cakalele. Komunitas Fekon Futsal untuk penyaluran bakat olahraga sepak bola.

BEASISWA DAN LAYANAN KESEHATAN

Beasiswa

Informasi beasiswa diperoleh mahasiswa dari Sub Bagian Kemahasiswaan Fakultas. Mahasiswa memperoleh informasi tentang persyaratan maupun tata cara pengajuan beasiswa. Sub Bagian Kemahasiswaan juga bekerja proaktif dengan program studi dan Himapro, untuk menjaring mahasiswa-mahasiswa yang akan diajukan, dalam rangka memenuhi kriteria dan persyaratan yang diminta oleh pihak pemberi beasiswa.

Terdapat 5 jenis beasiswa/bantuan studi yang diterima oleh mahasiswa, yaitu bidik misi, PPA, BBP-PPA, Beasiswa Bank Indonesia dan Bantuan Studi BCA Finance. Bantuan beasiswa sangat membantu mahasiswa, terutama untuk pembiayaan studi seperti keperluan membeli buku, bantuan biaya UKT, dan bantuan biaya hidup.

Layanan Kesehatan

Universitas memberikan kemudahan akses layanan kesehatan untuk mahasiswa. Bentuk-bentuk layanan kesehatan yang disediakan yaitu:

  1. Pusat Layanan Kesehatan Universitas Negeri Manado (Klinik Unima)

PLK-UNIMA disebut pula Klinik Unima. Layanan ini merupakan fasilitas kesehatan yang disediakan secara gratis terbatas bagi mahasiswa dan seluruh sivitas Unima lainnya. Jika terjadi gangguan kesehatan umum, mahasiswa dapat langsung menghubungi klinik untuk mendapatkan perawatan seperlunya. Jika diperlukan akan membuatkan rujukan ke Rumah Sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

 

 

Quote